Mungkin anda tahu bahwa di internet sudah banyak beredar sistem Operasi Windows Vista free alias versi bajakan. Tapi tidak semuanya adalah benar-benar sistem operasi yang dimaksud. Sekitar setengahnya merupakan software trojan horse yang ganas.

Mendekati launch resmi Windows Vista untuk konsumen, para hackers telah ‘membombardir’ berbagai forum diskusi dan menawarkan versi bajakan Windows Vista, yang kemudian akan didistribusikan melalui peer-to-peer networks. Versi bajakan tersebut menghilangkan proses aktivasi Vista yang diperlukan untuk kemampuan penuh OS tersebut.

Meski tidak semuanya adalah ‘penipuan’, sebagian besar download yang ditawarkan mengandung beberapa software key-logging dan spyware. Bahkan sebuah download dengan nama Windows Vista All Versions Activation 21.11.06 telah di identifikasikan sebagai sebuah Trojan.

Tekhnik penyamaran ini dulu juga pernah dengan menggunakan wajah OS Windows XP. “Tekhnik ini sangat efektif. Seseorang yang memang dari awalnya mendownload software bajakan, tidak akan bisa komplain ketika software tersebut ternyata mengandung virus/malware.” Komentar perwakilan DriveSentry, perusahaan keamanan yang menemukan kasus ini.

Setengah dari Crack Vista Sembunyikan Trojan

Sekitar setengah dari download program crack, yang diklaim sebagai versi gratis sistem operasi Windows Vista, merupakan software jahat. Trojan bersembunyi di dalamnya. Program ini disinyalir bisa menyebabkan hilangnya atau dicurinya data pribadi yang ada di komputer pengguna. Hal itu disampaikan vendor keamanan DriveSentry Inc.

"Menjelang diluncurkannya Vista, para hacker jahat sudah membombardir versi crack Windows Vista yang didistribusikan pada jaringan peer-to-peer," kata John Lynch, wakil presiden divisi penjualan dan pemasaran DriveSentry.

DriveSentry menguji sejumlah program crack Vista dari situs file sharing, dan menemukan hampir setengah dari program crack tersebut me-load malware ke komputer pengguna. Para peneliti DriveSentry, kata Lynch, menemukan adanya software keylogging jahat dan spyware pada setengah program crack tersebut.

"Siapapun yang men-download dan menjalankan salah satu dari crack yang terinfeksi ini, maka program jahat akan di-load yang nantinya bisa menyebabkan kerusakan pada PC (komputer) atau data pengguna," jelasnya lagi, seperti dikutip dari computerpartner.nl, Senin (29/1/2007).

Untuk diketahui saja, versi bajakan Vista telah beredar selama beberapa bulan terakhir dan salah satunya adalah crack Vista yang dijuluki dengan "Windows Vista All Versions Activation 21.11.06", yang diidentifikasi sebagai Trojan.

DriveSentry, masih menurut Lynch, juga pernah menemukan adanya program jahat Trojan yang menyamar sebagai versi gratis Windows XP. "Cara seperti ini merupakan teknik yang efektif," tambahnya.


Sumber: G2G Live - Detik Portal

0 komentar:

Posting Komentar