China terkenal dengan produksi barang murah. Tetapi banyak juga produk yang dilarang lalu di ekspor, seperti kasus susu bermelamin sampai kosmetik yang mengandung merkuri.

Satu lagi cerita baru dari sana, ternyata ada yang menjual software Microsoft palsu. Kali ini jaringannya sangat luas kata Microsoft. Menyangkut sindikat jaringan pemalsu software dan menyebar ke seluruh dunia.

Diperkirakan software palsu tersebut nilainya mencapai 2 milyar dollar (kerugian dari Microsoft). Sembilan belas produk Microsoft palsu dalam 11 bahasa lalu dijual sampai ke seluruh penjuru dunia. Seperti Windows Vista dan XP sampai Office 2007 dan 2003 dan Windows Server. Pemalsuan tersebut sudah teridentifikasi dan ditahan sejak Juli 2007.

FBI serta pemerintah China sudah menemukan bukti adanya pemalsuan software Microsoft. Lebih dari 100 penjual yang membantu penjualan mulai ditelusuri untuk menemukan sumber dan pencarian bukti lebih lanjut. Akhirnya 7 orang yang melakukan pembuat software palsu telah dikenakan hukuman antara 1 sampai 6 setengah tahun.

Pemimpin Microsoft China Fengming Liu mengatakan, perbaikan dari hak intelektual di China sudah banyak berubah. Tetapi software Microsoft memang populer, dan menjadi korban dari pembajakan.

www.ketok.com

0 komentar:

Posting Komentar