AMD telah mendemonstrasikan prosesor baru Opteron 6 core yang diberi kode nama “Istanbul” yang lebih canggih daripada Shanghai yang hanya memiliki 6 inti prosesor.

Prosesor ini dibuat dengan teknologi 45nm dengan 6MB L3 cache untuk maincobard Socket-F sehingga pemilik sistem socket-F dapat menguprade dengan mudah.

AMD berencana merilis prosesor ini pada paruh kedua tahun 2009 ini tetapi bisa saja lebih awal karena AMD sudah mendemonstrasikan AMD Istanbul saat ini.

Untuk perbandingan kinerja Hypertransport 3, sistem Shanghai dengan 16 core (4 prosesor) menghasilkan throughput pada kisaran 25.000 mb / detik sedngkan 24 core (4 prosesor) Istanbul mampu menghasilkan 42.000 mb/detik sehingga bisa dikatakan hampir 2 kali lipat hanya dengan penambahan 50% core.

Peningkatan ini dapat dicapai dari fitur baru yang disebut probe filtering oleh AMD atau snoop filtering yang berfungsi mengurangi trafik pada link HyperTransport socket ke socket dengna menyimpan semua index dari cache dan mencegah request sinkronisasi koherensi yang tidak perlu. Opteron saat ini menggunakan protokol probe berbasis broadcast yang mengirimkan request probe ke semua socket.

AMD saat ini berencana meluncurkan beberapa varian seri berbasis Instanbul termasuk versi low power HE dan high performance SE.

0 komentar:

Posting Komentar